Skip to main content

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SITUS JUAL BELI ONLINE

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SITUS JUAL BELI ONLINE


1. BUKALAPAK
logo_bl_blog_banget1


Kelebihan dan Keuntungan Bukalapak bagi Penjual

Berdasarkan pengalaman kami selama hampir 2 tahun jualan di Bukalapak
1 – Selalu cepat dalam berbenah dan berinovasi, dulu font di bukalapak memang terkesan susah dibaca dan bikin sepet, tapi sekarang sudah lebih baik, Inovasi di Bukalapak memang salah satu yang tercepat.
2 – Menambah gambar produk sangat mudah dan efisien, bisa drag dan drop 5 gambar sekaligus, hemat waktu dan praktis.
3 – Manajemen stok sangat-sangat akurat, ketika barang sedang menunggu pembayaran, maka stok dikurangi, apabila batal maka stok dikembalikan… sehingga mencegah pembeli membayar barang yang stoknya habis.
4 – Pilihan jasa pengiriman lumayan cepat, juga bisa memilih opsi gratis ongkos kirim
5 – Bisa mengatur diskon di sebuah produk dan pihak Bukalapak juga Sering menyediakan promo diskon sehingga meningkatkan kesempatan barang laku.
6 – Dana masuk ke bukadompet hanya 1 hari setelah data tracking menyebutkan bahwa barang diterima pembeli.
7 – Tampilan transaksi baik itu di aplikasi maupun website sangat simpel dan informatif, mulai dari barang hingga ke detail alamat pembeli.
8 – Tersedia BL Widget untuk mempromosikan lapak ke website lain.
9 – Keamanan akun sudah termasuk bagus, kode OTP Otomatis juga sangat membantu dan praktis.
10 – Gratis… gratis… gratis… Fitur Premium nya terlihat lebih bagus dan jelas.

Kekurangan dan Kelemahan Bukalapak Bagi Penjual

1 – Warna dasar Merah yang kurang begitu segar dipandang, sebelumnya malah pakai font yang susah dibaca dan sepet, tapi sekarang lebih baik.
2 – SEO kurang begitu bagus bila dicari melalui Google.
3 – Pencairan Saldo dari bukadompet relatif lebih lama, rata-rata lebih dari sehari.
4 – Ketika mengedit deskripsi barang, selain kotaknya kecil, juga sering Error karena tag-tag html yang ikut tercampur dengan tulisan.
5 – Aplikasi nya relatif lemot ketika dipakai, lebih berat di RAM dan sering nge-lag.
6 – Quick Buyer?? Pembeli yang beli tanpa registrasi, cukup menyebalkan ketika kita tidak bisa mengontak pembeli apabila ada hal yang ingin ditanyakan.
7 – Tidak punya fitur preorder
8 – Waktu pemrosesan barang sangat sebentar, hanya 2 hari untuk input nomer resi pengiriman.
9 – Memang bukalapak jarang error, tapi notifikasi orderan masuk sering terlambat, bahkan notifikasi di aplikasi terkesan kurang berguna.
10 – Tidak tersedia pilihan untuk mem-blacklist pembeli. Dan lebih gak enak lagi ketemu pembeli yang ternyata adalah Dropshipper yang 9 dari 10 nya rewel semua.

Kelebihan dan Keunggulan Bukalapak Bagi Pembeli

1 – Terlepas dari warna tema nya, Navigasi pencarian bisa diatur sesuka hati, dengan dua mode tampilan.
2 – Hasil dari pencarian sangat membantu, hampir tidak ada produk Spam, pelapak yang tidak aktif akan dijelaskan secara langsung, secara keseluruhan hasil pencarian sangat bagus dan informatif.
3 – Bisa belanja tanpa registrasi, tapi harus hati-hati, baca deskripsi dengan baik.
4 – Sering ada promo diskon, terutama saat HarBolNas
5 – Estimasi biaya kirim tampak jelas dan lebih mudah, tanpa harus mengklik tombol beli.
6 – Mau langsung beli atau ditambah ke keranjang belanja? Ini adalah Pilihan langsung yang jelas menarik.
7 – Metode pembayaran dan transfer cukup lengkap dan banyak pilihan.
8 – Verifikasi pembayaran melalui transfer juga termasuk cepat.
9 – Barang dikirim maksimal 2 hari kerja setelah bayar.
10 – Dan yang terpenting, website jarang maintenance, stabil dan anti lag.

Kekurangan dan Kelemahan Bukalapak Bagi Pembeli

1 – Secara keseluruhan, jumlah barang dan penjual serta variasi nya lebih sedikit dibanding toko sebelah.
2 – Tidak ada diskusi, sehingga untuk mengetahui info lebih lanjut tentang barang atau pengiriman harus tanya ke penjual.
3 – Tampilan website terkesan kurang segar, tidak ada garis batas yang kontras antara konten, sidebar dan background.
4 – Di aplikasi, halaman beranda cukup berat dan Lag, produk-produk promo otomatis termuat dan ditempatkan di bagian depan. Akan lebih baik kalo di aplikasi menyediakan sektor khusus untuk barang promo yang akan terload apabila calon pembeli mengklik nya.
5 – Penjual yang mencantumkan banyak pilihan pengiriman juga sedikit, kebanyakan hanya memajang JNE saja
6 – Anda lagi lihat-lihat produk di sebuah toko melalui desktop, dan tiba-tiba muncul chat dari sang pemilik toko, disitu saya merasa kaget , akan lebih baik bila fitur pop up chat otomatis ini bersifat opsional.
7 – Respon CS dalam menanggapi permasalahan sangat lama sekali, pengalaman kami, respon bisa sampai 2 hari baru dibalas.
8 – Fitur pencarian produk terkadang tidak berfungsi, atau loadingnya terlalu lama di website
9 – Di website, Deskripsi produk terletak dibawah gambar foto dan cukup jauh letaknya, akan lebih bagus bila calon pembeli bisa melihat gambar sambil membaca deskripsi nya
10 – Jangan sampai ada masalah ketika bertransaksi di bukalapak, apalagi bila anda adalah Quick Buyer. Terkadang Quick Buyer menyulitkan diri sendiri dan seller karena tidak mencantumkan ukuran / warna atau tipe produk yang ingin dibeli, dan pembeli tidak bisa dihubungi.

2. TOKOPEDIA

Hasil gambar untuk LOGO TOKOPEDIA

Kelebihan Tokopedia :

  • Kelebihan pertama yang dimiliki tokopedia adalah penampilannya yang ringan dan segar.
  • Selain itu, situs ini juga bersifat gratis dan tidak berbayar.
  • Loading site terhitung ringan, khususnya pada halaman-halaman toko dan produk.
  • Bagian daftar produk sangat jelas, kategori yang bervariasi, serta adanya fitur harga grosir.
  • Adanya fitur pre-order untuk produk yang harus di import, karena proses ini biasanya akan memakan waktu yang lebih lama.
  • Adanya fitur estimasi total yang harus dibayar buyer, seperti total harga produk (berlaku kelipatan) dan estimasi ongkos kirim hingga jasa ekspedisi yang tersedia.
  • Transfer dana yang relatif cepat dengan rata-rata 2 hinggga 3 jam, dan maksimum mencapai waktu 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
  • Waktu proses pesanan memiliki waktu yang lebih leluasa, yakni berkisar 5 hingga 7 hari semenjak invoice masuk.
  • Keamanan cukup baik karena adanya penggunaan kode OTP.
  • Memiliki blog yang berisikan beragam tips dan juga informasi yang bermanfaat untuk penjualan dan optimasi toko online milik kita.

Kekurangan Tokopedia :

  • Website dan aplikasi Tokopedia kerap mengalami error.
  • Terlalu sering maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa kesal.
  • Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam-macam.
  • Tidak adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.
  • Sering terjadi perang harga, membanderol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan kisaran harga yang relatif tinggi.
  • Peluang barang lebih banyak laku pada member Gold Merchant masih tidak optimal. Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa.
  • Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara otomatis berkurang.
  • Tidak memiliki fitur diskon yang berbatas waktu.
3. LAZADA








Hasil gambar untuk LOGO LAZADA

Kelebihan Belanja Online Di Lazada :

1. Beraneka Ragam Produk Tersedia
Di Lazada.co.id, barang yang di jual sangat beraneka macam, mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain.

2. Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 10% sampai dengan diatas 30%.

3. Website yang user friendly
Website di Lazada.co.id memiliki tampilan yang user friendly, navigasinya sangat mudah dan tampilannya pun menarik sehingga orang yang awampun bias menggunakannya dengan mudah

4. Bebas Ongkos Kirim
Lazada memberika kebijakan untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika JABODETABEK dan pembelian diatas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Lalu jika diluar JABODETABEK ada yang masuk dalam wilayah 2 dan 3. Jika masuk wilayah 2, pengirimiman akan gratis jika pembelian diatas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6kg. Dan yang masuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.

5. COD (Cash On Delivery)
Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta saja.

6. Pengiriman Barang Cepat
Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima.

Kekurangan Belanja Online Di Lazada :

1. Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir.

2. Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya. 


Mungkin dari informasi diatas pembaca sudah tahu kekurangan dan kelebihan masing masing situs jual beli online yang ada di indonesia, maka jadilah pembeli dan penjual yang cerdas jujur dan bijak.


Comments

Popular posts from this blog

LUKISAN KARYA AFFANDI KOESOEMA DAN MAKNANYA

Pelukis: Affandi Tahun karya: 1981 Judul : 'Kebun Cengkeh' Media : Oil on Canvas Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi, melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yang masih alami nampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkanya figur manusia sebagai obyek pendukung namun adalah inti dari lukisan, yang menunjukan adanya aktifitas kehidupan yang menyatu dengan alam. Ekspresi goresan khas Affandi terlihat unik, yang menjadikan lukisan ini istimewa. Seperti pada kebanyakan lukisan Affandi yang selalu menempatkan Matahari sebagai bagian dari obyek utama, namun dalam lukisan ini, penempatan matahari nampak unik, seolah sang pelukis mengambil perspektif posisi dibalik matahari, sehingga nampak dalam lukisan matahari tidak di balik bukit, melainkan nampak diatas bukit dan menutupi bukit, keunikan ini mungkin hanya dimiliki oleh Affandi, sebagai cara sudut pandang dia

CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF DALAM BAHASA JAWA

Ass.wr.wb kali ini saya akan memberikan CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF DALAM BAHASA JAWA . kalimat deduktif :kalimat utama ada di depan kalimat deduktif :kalimat utama ada di akhir CONTOH DEDUKTIF tuladha 1 Kecelakaan macem-macem jenis prabot utami sistem persenjataan gadhah TNI taksih asring kedadosan. sapanjang taun 2010 kamawon, kecatet sampun 76 anggota TNI tewas lebet macem-macem kecelakaan. Korban jiwa mboten namung dhawah saking pihak TNI, nanging rakyat sipil pun kadang ugi ndherek dados korban. Kondisi maketen dipunkuwatosaken badhe tambah ndhawahaken moral prajurit TNI. tuladha 2 wau enjang sekitar gebag 06.30 WIB setunggal jenis pesawat berjenis Hercules dhawah ing Purwodadi, Madiun, Jawi wetan. Pesawat kesebat dhawah ing area sabinan uga dereng enten data resmi ngengingi pesawat kesebat. nanging diduga pesawat kesebat yaiku gadhah TNI Angkatan Udara. tuladha 3 Demam rahan dengue taksih dados ancaman ing sedaya sigaran donya. Asia ngenggeni urutan se

"THE TRUE COST" SINOPSIS,ANALISIS DAN LINK DOWNLOAD FILM

THE TRUE COST 2015 LINK DOWNLOAD FILM Download atau Download SINOPSIS The True Cost (2015), sebuah film jurnalistik investigatif (dokumenter) karya Andrew Morgan dan diproduksi Untold membongkar kisah-kisah penderitaan masyarakat miskin dunia ke tiga yang dipaksa oleh industri garmen untuk terus memproduksi demi pasokan tren fashion cepat ( Fast fashion) saat ini. Ketika pusat-pusat mode dunia setiap minggu menghadirkan berbagai tren fashion yang baru dan menjual dengan mahal jutaan keping baju-baju indah di seluruh dunia -sementara itu pula jutaan orang di India, di Bangladesh, di Indonesia atau dunia ke tiga lainnya tengah mengalami penderitaan dan menunggu ajalnya. Film ini merunut bagaimana sebuah industri fashion dipersiapkan dengan hasrat keuntungan dan mengabaikan keselamatan manusia dan lingkungannya. Limbah-limbah kimia yang beracun yang mengalir setiap hari di sungai-sungai, mencemari air yang digunakan untuk mengairi sawah-sawah dan diminum serta dim