Skip to main content

PILIHAN JURUSAN KULIAH IPA DAN IPS TERBAIK SERTA PROSPEK JURUSAN KERJA

PILIHAN JURUSAN KULIAH IPA DAN IPS TERBAIK

IPA 

1. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)‍ 

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah jurusan yang mempelajari bahaya dan risiko yang ada di tempat kerja ataupun proyek. Bagaimana penanganan bahaya yang ada di tempat kerja dipelajari di bangku kuliah. Begitu pula langkah-langkah pencegahan untuk meminimalisir kecelakaan kerja serta risiko lain yang dapat terjadi di lokasi proyek atau tempat kerja.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi
Prospek kerja jurusan ini: Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja , Teknik Kesehatan dan Keselamatan Industri‍ 

2. Ilmu Gizi
 ‍ 
Jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia. Ilmu Gizi juga mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Yang tak kalah penting adalah mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia 
Prospek kerja jurusan ini: Ahli Diet dan Nutrisi‍, Praktisi Keluarga dan Umum  

3. Farmasi‍ 

Farmasi adalah jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Kimia
Prospek kerja jurusan ini: Farmasi‍, Dokter Pengobatan Preventif

 

Mahasiswa jurusan kedokteran mempelajari tentang penyakit serta cara-cara penyembuhannya. Pada dasarnya ada dua hal penting dalam Ilmu Kedokteran, yaitu mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan dan mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera. Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan. Nggak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai praktek langsung pada pasien. 
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi
Prospek kerja jurusan ini: Dokter, Peneliti Medikal, Manajer Data Klinis


Program studi Nutrisi dan Teknologi Pangan adalah suatu jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi konsumer. Makanya, jurusan ini juga mempelajari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan, yang dapat berefek kepada tubuh. Selain itu, jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan turut mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi, termasuk bagaimana makananan mempengaruhi ekonomi, psikologi, dan kultur kita. Menarik, ya?
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia
Prospek kerja jurusan ini: Quality Control, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan‍ 

6. Astronomi‍ 

Ilmu Astronomi mempelajari benda-benda langit. Program studi ini menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit. Dipelajari pula struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi. Jurusan ini dibagi menjadi tiga kehalian, Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, serta Kosmologi. Pastinya, Ilmunya sangat menarik karena kamu akan mempelajari hal-hal yang berada di luar bumi.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika

7. Statistika‍ 
Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Fungsi dari statistika sendiri adalah sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan. Tanpa analisis data yang akurat, pengambilan keputusan yang tepat tidak akan pernah bisa terjadi.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika
Prospek kerja jurusan ini: Peneliti Survei‍, Ahli Statistik‍, Aktuaria ‍ 

8. Bioteknologi‍ 

Bioteknologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia. Saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat. Hal yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman, serta rekayasa genetika.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi
Prospek kerja jurusan ini: Ahli Biomedis‍, Teknisi Pembangkit Biomassa ‍ 

9. Biokimia‍ 

Ilmu Biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup. Jangkauan ilmu Biokimia sangat luas. Nggak cuma mempelajari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, ilmu Biokimia juga mempelajari berbagai proses pada organisme mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia

Jurusan Pengelolaan dan Pemberdayaan Sumber Daya Alam mengajarkan bagaimana kita memanfaatkan dan mengatur Sumber Daya Alam yang terbatas. Selain itu jurusan ini mengajarkan kita untuk menganalisa dan memecahkan masalah seputar sumber daya alam yang terbatas tersebut serta permasalahan lingkungan hidup melalui ilmu biologi, kimia dan ilmu lingkungan. Jurusan ini juga mengajarkan kamu untuk memaksimalkan dan melindungi sumber daya alam dan lingkungan hidup.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia
 ‍ 

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari ilmu tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya. Dalam kegiatan budidaya organisme perairan tentunya aspek kualitas air dan wadah sangat diperhatikan. Psst, jurusan ini sangat dibutuhkan di Indonesia, karena 70 persen wilayah Indonesia merupakan perairan!
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia


Rekayasa pertanian merupakan jurusan yang mengkombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari kompetisi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan. Tujuan utamanya adalah mencapai swasembada kebutuhan pokok serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Kimia, Biologi


Jurusan ini merupakan gabungan dari beberapa program studi di Fakultas Pertanian yaitu Prodi Agronomi, Ilmu Tanah, serta Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Agroekoteknologi mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisis dan memecahkan masalah melalui cara berfikir analitik, kreatif, dan eksploratif dalam bidang agronomi. Wah gimana, tuh? Jadi, kamu akan diajarkan untuk melakukan inovasi-inovasi, untuk membawa pertanian Indonesia ke arah modern yang berkelanjutan, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi
Prospek kerja jurusan ini: Ahli Konservasi Tanah dan Air‍, Manajer Pembibitan dan Rumah Kaca‍, Wirausaha

14. Kehutanan‍ 

Ilmu Kehutanan mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan itu sendiri. Bahannya nggak terbatas bagaimana menghasilkan dan memeroleh hasil hutan saja, Ilmu Kehutanan juga menitikberakan pada pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Fisika
Prospek kerja jurusan ini: Spesialis Konservasi Alam ‍, Ahli Lingkungan‍, Pengawas Hutan‍ 

15. Arsitektur‍ 

Kamu yang mengambil jurusan ini akan mempelajari soal desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), serta fungsi bangunan (utilitas).
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Seni Budaya
Prospek kerja jurusan ini: Arsitek‍, Manajer Konstruksi‍, Desainer Interior‍ 

16. Oseanografi‍ 

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Perilaku laut memang susah untuk diprediksi, seperti gelombang yang tinggi, tenggelamnya pulau-pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami, dan lain sebagainya. Makanya, Oseanografi sangat menarik untuk didalami.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika, Matematika
Prospek kerja jurusan ini: Teknik Kelautan‍, Field Engineer, Offshore Navigator

17. Teknik Industri‍ 
Teknik Industri merupakan ilmu yang mempelajari proses industri, baik dari sisi manajemen ataupun teknik. Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin. Walau demikian, para mahasiswa juga harus mempelajari disiplin ilmu lain seperti Matematika, Fisika, Fisiologi, bahkan Manajemen. Fokus Teknik Industri adalah perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan, dan energi.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika
Prospek kerja jurusan ini: Sales Engineer ‍, Ahli Teknik Industri‍, Ahli Teknik Manufaktur


Program studi pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik yang berfokus pada ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral seperti emas, perak, alumunium, besi, batu bara dan sebagainya. Mahasiswanya belajar soal proses pertambangan, yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai pemasaran hasil tambang.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika, Kimia


Jurusan yang dikenal juga dengan Teknik Planologi ini mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah. Berbeda dengan jurusan Arsitektur Lanskap yang lebih mengutamakan sisi keindahan dan estetika lokasi, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota lebih mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik. Selain itu, Perencanaan Wilayah Kota tidak merancang suatu bangunan, tapi merancang seluruh wilayah secara keseluruhan.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Geografi
Prospek kerja jurusan iniPerencanaan Kota dan Wilayah‍, Surveyor Bangunan‍, Ahli Peta Geografi‍ 

20. Teknik Elektro‍ 
Teknik elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan ini adalah aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Teknik Instrumentasi, sampai Teknik Komputer dan Telekomunikasi.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika
Prospek kerja jurusan ini: Ahli Robotik‍, Ahli Teknik Mekatronik

Jurusan ini memberikan pengetahuan terkait kedirgantaraan mencakup perancangan, pembuatan, dan pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Program studi yang juga dikenal dengan nama Teknik Penerbangan mempelajari soal teknik pesawat. Aeronautika berkaitan dengan segala aspek penerbangan di dalam atmosfer bumi seperti pesawat komersil, helikopter, pesawat militer. Sedangkan Astronautika berkaitan dengan aspek penerbangan di luar atmosfer bumi seperti roket dan satelit.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Fisika


Jurusan ini mempelajari ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan komputer, dan implementasinya terutama di bidang bisnis dan usaha. Tak hanya teori, Teknik Informatika juga mewajibkan para mahasiswa mempraktekkan apa yang telah dipelajari. Nah, untuk menguasai teknik informatika dengan baik, paling tidak kamu memahami logika dan matematika. Mahasiswa teknik informatika akan menghabiskan banyak waktunya dengan pemrograman, yang merupakan perwujudan dari algoritma (matematika dan logika).
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika

23. Cyber Security‍ 
Pada umumnya, jurusan ini mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri serta pemerintah dari serangan yang ada pada dunia maya (cyber attack). Jurusan ini dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan dalam dunia maya. Jurusan Cyber Security memiliki dasar yang kuat pada komputer sains dan kemampuan berpikir kritis mengenai teknologi dunia maya masa kini.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK, Matematika
Prospek kerja jurusan ini: Cyber Police, Spesialis Forensik Komputer

Pada umumnya, Jurusan Ekonomi Pembangunan menjadi satu dengan Ilmu Ekonomi. Ekonomi pembangunan memang salah satu bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang. Kebanyakan calon mahasiswa yang memilih jurusan Ilmu Ekonomi adalah mahasiswa yang menghindari Matematika. Ironisnya, they have no idea kalau Ilmu Ekonomi justru menggunakan ilmu matematika tingkat dewa!
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi
Prospek kerja jurusan ini: Ekonom‍, Konselor Peminjaman‍, Pemeriksa Keuangan ‍ 

 
Ilmu Intelijen dirancang khusus untuk kamu yang ingin berkarir sebagai seorang intelijen, baik di pemerintahan ataupun swasta. Kamu akan dibekali cara-cara inovatif untuk membentuk pola pikir yang terstruktur untuk memecahkan masalah dunia nyata yang kompleks. Jurusan ini menitikberatkan pada perkembangan dunia analisis intelijen yang sangat dinamis, dengan penekanan pada penggunaan penelitian akademik sebagai metode analisis. Wih!
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Biologi
Prospek kerja jurusan ini: Analis Intelijen ‍, Detektif dan Investigator Swasta


IPS


Meski namanya ilmu komunikasi, di jurusan ini kamu nggak cuma belajar cara ngobrol dengan orang lho! Pelajaran-pelajaran seru kayak public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, dan film juga dipelajari dalam jurusan ini. Pokoknya, kamu akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK, Sosiologi
Prospek kerja jurusan ini: Public relation officer, Spesialis Hubungan Masyarakat‍,  Manajer Layanan Sosial dan Komunitas‍ 


Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan yang prestisius. Para mahasiswanya mempelajari segala sesuatu yag berhubungan dengan aktivitas interaksi yang melintasi batas antar negara, kayak seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: PPKN
Prospek kerja jurusan ini: Diplomat‍,  Konsultan Politik‍,  wartawan internasional, Konsultan Imigrasi‍ 

3. Psikologi‍ 

Jurusan Psikologi mempelajari tentang  mental, pikiran, dan perilaku manusia. Jurusan ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan kita, mulai dari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Sosiologi


Jurusan yang juga dikenal dengan nama Administrasi Niaga ini mempelajari tentang administrasi secara umum serta tentang manajemen pekerjaan klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, serta proses data secara akurat demi mendukung sebuah usaha bisnis agar efektif dan efisien.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK


Para mahasiswa jurusan Administrasi Fiskal mempelajari seluk beluk pengelolaan sumber kekayaan dan keuangan negara, terutama sektor pajak. Jurusan ini punya beberapa spesialisasi studi yaitu: dasar-dasar perpajakan, kebijakan fiskal, Pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan keuangan negara
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Ekonomi


Ekonomi pembangunan adalah bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi
Prospek kerja jurusan ini: perencana keuangan, Ekonom‍, Pengajar Ekonomi‍,  pembuat kebijakan pembangunan
7. Akuntansi‍ 

Akuntansi adalah salah satu program/jurusan kuliah tertua yang mempelajari tentang perihal keuangan seperti prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, serta standar profesional dan etika.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Akuntansi
Prospek kerja jurusan ini: Akuntan ‍,  Pemeriksa Keuangan ‍,  Manajer Keuangan‍ 

8. Perpajakan‍ 

Jurusan Perpajakan mempelajari bidang perpajakan dari segala macam perspektif, dari sisi hukum, ekonomi, dan akuntansi. Nantinya, lulusan perpajakan diharapkan mampu menyusun laporan pajak sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan. Mereka juga harus bisa menyelesaikan masalah administrasi perpajakan, dan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang berlaku.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi
Prospek kerja jurusan ini: Konsultan Bea Cukai‍,  Penilai (Pajak dan Keuangan)‍, Ahli Perencanaan Pajak‍ ‍  


Jurusan Manajemen Perhotelan adalah sebuah jurusan yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu perhotelan atau hospitality. Di jurusan ini kamu bakal mempelajari segala pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi, tata boga, jasa boga, dan jasa lainnya dalam bidang perhotelan.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Akuntansi, Bahasa Inggris


Jurusan ini berujuan untuk menghasilkan lulusan yang terampil menangani aktivitas operasional perbankan yang mencakup pekerjaan teller, customer services, karyawan pembukuan unit giro, tabungan dan deposito, juga produk perbankan lainnya.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Akuntansi, Ekonomi, Matematika
Prospek kerja jurusan ini: Analis Kredit ‍,  Analis Keuangan ‍,  Credit Control Manager‍ 


Jurusan Manajemen Pariwisata mempelajari konsep penawaran dan permintaan pariwisata beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sementara itu, bidang-bidang khusus yang dipelajari dalam jurusan ini adalah mengenai pembangunan dan pengembangan pariwisata, peningkatan kualitas sumber daya pariwisata, pengembangan atraksi wisata yang menampilkan budaya lokal, serta pelayanan kepada wisatawan.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Bahasa Inggris, Ekonomi
Prospek kerja jurusan ini: Pemandu Tur‍, Pemandu Wisata‍, Agen Perjalanan‍ 

12. Fashion Bisnis‍ 

Buat kamu yang suka fashion dan bercita-cita punya bisnis di bidang itu, jurusan ini adalah jurusan yang tepat buat kamu. Program studi Fashion bisnis mempelajari bagaimana mengatur bisnis dalam dunia fashion dan perilaku konsumen pada Trend fashion saat ini.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Ekonomi, Seni Budaya
Prospek kerja jurusan ini: Visual Merchandiser‍,  Wirausaha Fashion, Fashion Stylist
 ‍ 

Punya jiwa sosial tinggi? Jurusan kesejahteraan sosial mungkin cocok untukmu. Jurusan ini merupakan sebuah jurusan yang mengkaji dan mengembangkan pemikiran dan metode untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.  Di jurusan ini kamu akan mempelajari langkah-langkah dan metode untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan mereka juga.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Sosiologi
Prospek kerja jurusan ini: Corporate Social Responsibility (CSR) officer, Manajer Layanan Sosial dan Komunitas‍,  Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja ‍ 

14. Sastra Inggris‍ 

Di jurusan sastra inggris, kamu bisa mempelajari tentang isi, ciri omputer, estetika, keaslian, serta keindahan isi dalam teks atau tulisan karya sastra Inggris. Kamu akan mempelajari berbagai karya tulis baik dalam bentuk novel, naskah drama, atau puisi yang pasti ditulis dalam bahasa Inggris. Selain itu kamu juga akan mempelajari omputern bahasa Inggris secara lebih mendalam.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Bahasa Inggris
Prospek kerja jurusan ini: Editor (Artikel/Tulisan)‍,  Novelis‍, Content Writer‍, Wartawan‍ 


Jurusan ini mengajak para mahasiswanya untuk mempelajari seni menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa (desain) untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mempengaruhi omput atau penerima pesan.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Seni Budaya, TIK


Jurusan ini mempelajari teknik tata rias baik Indonesia maupun internasional. Kurikulumnya mencakup cara-cara dalam menyanggul, menata rambut, memotong rambut, merias wajah menggunakan bahan dan alat kosmetika.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Seni Budaya


Dikenal juga sebagai jurusan fashion design, jurusan ini mempelajari soal produksi, mendesain, belajar membuat pola, menjahit, mengenali seluk-beluk kain, dan penggunaan kain tersebut untuk fesyen. Selain itu, para mahasiswa fashion design juga diajarkan mengenai perhitungan bisnis di bidang fashion lho.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Seni Budaya
Prospek kerja jurusan ini: Fashion Designer‍, Fashion Stylist‍  


Broadcasting atau penyiaran merupakan salahsatu cabang dari ilmu komunikasi, khususnya jurnalistik. Apa yang dipelajari di jurusan ini tentang proses menciptakan dan mengemas suatu ide menjadi program untuk di produksi dan disiarkan pada khalayak lewat media massa.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK, Bahasa Inggris
Prospek kerja jurusan ini: Penyiar Berita ‍‍‍, Sutradara‍, Penyiar Televisi/Presenter/Pembawa Acara‍ 


Kalau kamu suka travelling ke luar kota dan luar negeri, coba deh melanjutkan pendidikan ke jurusan pendidikan pramugari/pramugara. Jurusan ini bakal mempersiapkan kamu sebaik mungkin untuk menjadi pramugari omputernal pada perusahaan jasa penerbangan dalam taraf nasional dan internasional.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Bahasa Asing
Prospek kerja jurusan ini: Kru Kabin (Pramugari/Pramugara)

20. Hukum‍ 

Pada jurusan Ilmu Hukum, para mahasiswa mempelajari segala sesuatu tentang hukum baik praktek ataupun teorinya. Apabila kamu punya kepedulian terhadap hukum di Indonesia, maka Program Studi Ilmu Hukum bisa menjadi pilihan yang tepat.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: PPKN
Prospek kerja jurusan ini: Pengacara‍, Sekretaris Legal‍, Asisten Legal dan Paralegal‍   

21. Kriminologi‍ 

Apabila kamu mempunyai keprihatinan terhadap meningkatnya angka kejahatan, dan kamu punya keinginan besar untuk memberikan solusi, maka jurusan kriminologi bisa menjadi pilihan paling ideal buat kamu. Jurusan ini bakal mempelajari soal seluk beluk tindak kriminal dalam lingkup nasional maupun internasional secara empiris.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Sosiologi

22. Sosiologi‍ 

Interaksi yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lain menjadi fokus utama yang dipelajari oleh para mahasiswa Jurusan Sosiologi. Hal ini karena interaksi itu sendiri bentuknya beragam dan  akan punya pengaruh langsung terhadap kondisi masyarakat.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Sosiologi
Prospek kerja jurusan ini: Peneliti Sosial, Sosiolog‍, Spesialis Media Sosial‍ 

23. Ilmu Politik‍ 

Jurusan yang menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini membekali para mahasiswanya teori dan praktik politik. Para mahasiswanya diharapkan untuk bisa melakukan riset dan bersikap kritis dalam menganalisa setiap fenomena dunia yang mempengaruhi dinamika struktur politik suatu negara.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: PPKN, Sosiologi
Prospek kerja jurusan ini: Konsultan Politik‍,  anggota parlemen, politikus, Peneliti Politik‍ 

Di jurusan ini kamu bakal mempelajari bagaimana cara mengelola proses dan kegiatan pemasaran barang dan jasa, pengembangan konsumen, dan menggerakan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen. Kamu juga akan mempelajari soal perilaku dan dinamika konsumen, prinsip riset pemasaran, analisa permintaan, pemahaman biaya-volume dan profit, teori harga, kampanye pemasaran, dan masih banyak lagi.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Ekonomi


Jurusan ini bertujuan mencetak para lulusan yang menguasai bidang perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan proses dan infrastruktur pendidikan supaya berjalan dengan baik. Maka itu, para mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan akan mempelajari kebijakan pendidikan, manajemen dan pengembangan SDM, teknologi informasi, dan pengembangan kurikulum.
Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Ekonomi, Sosiologi
 
 

Comments

Popular posts from this blog

LUKISAN KARYA AFFANDI KOESOEMA DAN MAKNANYA

Pelukis: Affandi Tahun karya: 1981 Judul : 'Kebun Cengkeh' Media : Oil on Canvas Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi, melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yang masih alami nampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkanya figur manusia sebagai obyek pendukung namun adalah inti dari lukisan, yang menunjukan adanya aktifitas kehidupan yang menyatu dengan alam. Ekspresi goresan khas Affandi terlihat unik, yang menjadikan lukisan ini istimewa. Seperti pada kebanyakan lukisan Affandi yang selalu menempatkan Matahari sebagai bagian dari obyek utama, namun dalam lukisan ini, penempatan matahari nampak unik, seolah sang pelukis mengambil perspektif posisi dibalik matahari, sehingga nampak dalam lukisan matahari tidak di balik bukit, melainkan nampak diatas bukit dan menutupi bukit, keunikan ini mungkin hanya dimiliki oleh Affandi, sebagai cara sudut pandang dia

CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF DALAM BAHASA JAWA

Ass.wr.wb kali ini saya akan memberikan CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF DALAM BAHASA JAWA . kalimat deduktif :kalimat utama ada di depan kalimat deduktif :kalimat utama ada di akhir CONTOH DEDUKTIF tuladha 1 Kecelakaan macem-macem jenis prabot utami sistem persenjataan gadhah TNI taksih asring kedadosan. sapanjang taun 2010 kamawon, kecatet sampun 76 anggota TNI tewas lebet macem-macem kecelakaan. Korban jiwa mboten namung dhawah saking pihak TNI, nanging rakyat sipil pun kadang ugi ndherek dados korban. Kondisi maketen dipunkuwatosaken badhe tambah ndhawahaken moral prajurit TNI. tuladha 2 wau enjang sekitar gebag 06.30 WIB setunggal jenis pesawat berjenis Hercules dhawah ing Purwodadi, Madiun, Jawi wetan. Pesawat kesebat dhawah ing area sabinan uga dereng enten data resmi ngengingi pesawat kesebat. nanging diduga pesawat kesebat yaiku gadhah TNI Angkatan Udara. tuladha 3 Demam rahan dengue taksih dados ancaman ing sedaya sigaran donya. Asia ngenggeni urutan se

"THE TRUE COST" SINOPSIS,ANALISIS DAN LINK DOWNLOAD FILM

THE TRUE COST 2015 LINK DOWNLOAD FILM Download atau Download SINOPSIS The True Cost (2015), sebuah film jurnalistik investigatif (dokumenter) karya Andrew Morgan dan diproduksi Untold membongkar kisah-kisah penderitaan masyarakat miskin dunia ke tiga yang dipaksa oleh industri garmen untuk terus memproduksi demi pasokan tren fashion cepat ( Fast fashion) saat ini. Ketika pusat-pusat mode dunia setiap minggu menghadirkan berbagai tren fashion yang baru dan menjual dengan mahal jutaan keping baju-baju indah di seluruh dunia -sementara itu pula jutaan orang di India, di Bangladesh, di Indonesia atau dunia ke tiga lainnya tengah mengalami penderitaan dan menunggu ajalnya. Film ini merunut bagaimana sebuah industri fashion dipersiapkan dengan hasrat keuntungan dan mengabaikan keselamatan manusia dan lingkungannya. Limbah-limbah kimia yang beracun yang mengalir setiap hari di sungai-sungai, mencemari air yang digunakan untuk mengairi sawah-sawah dan diminum serta dim